Microsoft Word 2007 dan 2003


Pengertian Microsoft Word

         Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah  kata  yang  terdapat  dalam paket program aplikasi microsoft office , yang sejak mulai di kembangkan   pada     tahun  1983    sampai    pertengahan  tahun 2001. Microsoft word    dikembangkan  oleh perusaha an pembuat perangkat  lunak ternama  didunia  yaitu  Corporation. Dari  generasi  pertama microsoft  word  sampai  generasi terkininya  program  ini  selalu  menjadi   idola.

1. Microsoft Word 2007

             Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

           Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembalimeluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistemoperasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak totalWindows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikandalam sejarah sistem operais PC saat itu.

              Sejalan dengan pekembangan sistem operasiMicrosoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia,termasuk di Indonesia.

           Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi  Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembanganteknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan

            Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan WindowsVista yang akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia. Microsoft Office 2007 adalah versi paling baru dari Microsoft Office bagi sistem Windows dan juga merupakan produk dari pabrik raksasa Microsoft. Dahulunya program ini dikenal dengan nama Office 12 dan pernah dikeluarkan kurang lebih dua tahun yang lalu tapi masih dalam versi beta. Baru pada tanggal 30 Januri 2007 program ini secara resmi diliris oleh Microsoft. Office 2007 ini mempunyai fitur yang baru dan tampilan yang sekarang disebut sebagai Fluent User Interface. Kalau pada versi sebelumnya kita biasa menggunakan Menu dan Toolbar maka pada versi 2007 ini keduanya dihapus dan diganti dengan yang lebih canggih. Ada tiga buah fitur yang ada dalam tampilan Office 2007 yang menggantikan menu dan toolbar yaitu Tombol Microsoft Office , Quick Access Toolbar, dan Ribbon.

Contoh Tampilan Microsoft Word  2007



2. Microsoft Word 2003

            Sesuai  namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

           Microsoft Office 2003 adalah seri lanjutan dari aplikasi Microsoft Windows XP yang telah diperbaiki dan ditambahkan beberapa fitur baru diantaranya, dalam aplikasi Microsoft Office 2003 juga terdapat beberapa fitur seperti Microsoft Word, Microsoft Excel 2003, Microsoft Power Point 2003, Microsof Acces  dan lain-lainnya. Aplikasi baru tersebut salah satunya adalah One Note.  Aplikasi ini berfungsi mengendalikan sebuah fungsi teks, sebuah file audio dan gambar menjadi satu tempat.

           Selain itu juga tersedia Microsoft Outlook yang berfungsi mengontrol dan memudahkan kita pada beberapa fitur seperti pengiriman e-mail, informasi tentang kalender, dan lebih mudah untuk menemukan beberapa folder yang memiliki format microsoft.

Fitur Microsoft office Acces 2003, juga mampu mem-backup data, melakukan  pengecekan untuk beberapa file yang rusak. Sementara itu fitur Microsoft Front Page 2003 merupakan sebuah solusi yang ditawarkan untuk membuka file dengan format web. Fitur ini didukung juga oleh beberapa aplikasi tambahan seperti Adobe Flash. Toolbar pada Microsoft Office 2003 juga sudah diperbaiki dan terasa lebih nyaman.

Beberapa toolbar penting dalam penggunaan Microsoft Word 2003 di antaranya sebagai berikut.

1) File

Jika kita menggerakkan kursor ke pojok kiri atas, maka kita melihat tulisan "file". Fungsinya adalah membuka dokumen baru, membuka dokumen yang sudah kita kerjakan dan telah disimpan, melakukan pengelolaan terhadap jumlah halaman yang kita inginkan, mengatur ukuran kertas, dan mencetak (print) sebuah file yang telah dikerjakan.

2) Edit

Bergeser ke sebelah kanan kita akan temukan tulisan "edit". Di bagian ini terdapat banyak fitur, di antaranya kita bisa menyalin sebuah pekerjaan dalam file microsoft, menghilangkan sebuah file yang tidak kita inginkan dengan caramengklik tulisan "cut".

3) View

Sebuah fitur yang memudahkan kita melihat sebuah dokumen secara lebih terperinci, karena ada menu memperbesar dokumen, melihat tampilan sebelum melakukan print, mengubah tampilan untuk membaca sebuah dokumen, dan sebagainya.

4) Insert

 Berfungsi untuk menambahkan sebuah objek dalam di dokumen. Misalnya jika kita ingin menamilkan sebuah grafis, nomor halaman, catatan kaki, dan lain-lainnya.

5) Tools

Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengecekan ulang terhadap tata bahasa (terutama untuk bahasa Inggris), pencarian dokumen tertentu, dan kita juga bisa melakukan semua kontrol Microsoft Office 2003 lewat menu ini.

6) Format

Hal ini berfungsi melakukan pengontrolan font, paragraf, simbol, nomor dan juga bisa membagi halaman microsoft word menjadi beberapa bagian, sesuai dengan yang kita inginkan.

7) Table

Menu ini berfungsi untuk membuat tabel sesuai dengan yang kita inginkan. Mulai dari membaut kolom, jumlah kolom, tombol otomatis untuk merapikan kolom, dan hal lainnya.


Selain itu, bagian dalam Microsoft Office 2003 lainnya adalah Microsoft Excel  dan  Microsoft  Power Point dimana Microsoft Excel berfungsi memudahkan pekerjaan kita karena berbentuk lembar kerja (worksheet).  Jika ingin  melakukan penghitungan otomatis, kita bisa melakukannya dalam Microsoft  Excel ini. Sementara  Microsoft Power Point adalah sebuah  program  yang  digunakan untuk memudahkan kita saat melakukan presentasi dalam kegiatan bisnis. Dengan tema dan background yang bisa diganti sesuai dengan keinginan, maka aktivitas presentasi menjadi lebih menyenangkan.

Sampai saat ini Microsoft Office 2003 tidak hanya bekerja pada sistem operasi  Windows saja, tapi juga sudah bekerja pada sistem operasi buatan  Apple, yaitu Ios.  Meskipun sistem operasi sebuah perangkat pc atau laptop terus berkembang dan diperbaharui, tapi Microsoft Office 2003, tetap diminati, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tampilannya yang nyaman.
Contoh Tampilan Microsoft Word 2003

1 komentar:

  1. mkasi bwt infonya,,, tpi ada gax gambar smua tampilan dari microsoft word 2007????????
    kalau ada kasi tau yaa,,, soalnya mau disetor minggu depan
    thanks

    BalasHapus