PEMISAHAN CAMPURAN


Destilasi
Pemisahan campuran dengan destilasi didasarkan pada perbedaan titik didih. Cara ini dapat digunakan untuk memisahkan campuran yang mempunyai titik didih berbeda.
Campuran antara air dan bensin pun dapat dipisahkan dengan cara destilasi. Semakin jauh perbedaan titik didih, semakin mudah campuran tersebut dipisahkan. Destilasi ada bermacam-macam, diataranya destilasi sederhana dan destilasi bertingkat.



Kristalisasi
Pemisahan secara kristalisasi dilakukan untuk memisahan zat padat dari larutannya dengan jalan menguapkan pelarutnya. Zat padat tersebut dalam keadaan lewat jenuh akan membentuk kristal.
Petani garam memperoleh garam dengan jalan menguapkan air laut. Air laut dialirkan ke tambak-tambak dan dibiarkan menguap oleh sinar matahari. Air yang terkandung dalam air laut tersebut akan menguap, sehingga air laut akan semakin pekat dan setelah lewat jenuh akan terbentuk kristal garam.



kromatografi
Pemisahan campuran dengan cara kromatografi didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang bercampur pada medium tertentu.
Dalam kehidupan sehari-hari pemisahan secara kromatografi dapat kita temui pada rembesan air pada dinding yang menghasilkan garis-garis dengan jarak tertentu.
Tinta hitam merupakan campuran beberapa warna. Kita dapat memisahkan campuran warna tersebut dengan cara kromatografi. Di bawah ini merupakan salah satu pemisahan dengan cara kromatografi.



Sublimasi
Pemisahan campuran dengan sublimasi dilakukan jika zat yang dapat menyublim tercampur dengan zat lain yang tidak dapat menyublim. Sublimasi adalah perubahan zat dari wujud padat ke gas atau sebaliknya.
Beberapa zat yang dapat menyublim adalah: kapur barus, iodin, kafein dan lain-lain.



Penyaringan
Pemisahan campuran dengan penyaringan didasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat-zat penyusun campuran.
Partikel yang mempunyai ukuran lebih kecil akan lolos saringan dan partikel yang lebih besar akan tertinggal pada saringan. Cara pemisahan dengan cara penyaringan ini dapat dilakukan untuk memisahkan padatan yang mempunyai ukuran berbeda dan untuk memisahkan padatan dengan cairan.
Pemilihan ukuran penyaring disesuaikan dengan ukuran zat-zat yang akan dipisahkan. Saringan untuk memisahkan pasir dan kerikil akan berbeda dengan saringan untuk memisahkan santan dengan ampasnya.

Pemisahan zat-zat yang mempunyai perbedaan kelarutan juga dapat dilakukan dengan penyaringan. Misalnya memisahkan garam yang bercampur pasir, dimana garam mudah larut dalam air sedangkan pasir tidak larut. Campuran tersebut dimasukkan dalam air, garam akan larut sedangkan pasir tidak. Setelah disaring pasir akan tertinggal di kertas saring, dan air garam lolos menembus kertas saring. Zat yang tertahan di kertas saring dinamakan residu dan cairan yang dapat menembus kertas saring dinamakan filtrat.



Sentrifugasi
Pada campuran tertentu seperti suspensi, komponen campurannya sering kali sangat kecil sehingga kedua komponen campuran itu sama-sama menembus filter yang ada. Untuk memisahkan campuran yang demikian, kita tidak mungkin dapat menggunakan metoda filtrasi tetapi harus dengan metoda pemisahan lain yang sesuai. Suspensi merupakan campuran yang komponennya sangat kecil tetapi masih dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

pemisahan sentrifugasi adalah pemisahan suspensi dengan cara memutar suspensi sehingga komponen yang relatif berat akan terpisah di bagian bawah tabung. Proses selanjutnya adalah memisahkan endapan itu dari pelarutnya dengan cara menuang pelarut ke tempat lain dan meninggalkan endapan tetap tinggal dalam tabung.






Dekantasi
Pemisahan campuran dengan metoda dekantasi adalah pemisahan campuran suspensi yang telah mengalami pengendapan. Pengendapan ini dapat terjadi dengan sendirinya atau dengan cara sentrifugasi terlebih dahulu. Pemisahan itu dapat berupa penuangan pelarut ke tempat lain dan meninggalkan endapan tetap tinggal dalam tabung, atau dengan cara pengambilan pelarut dengan menggunakan pipet dan membiarkan endapan tetap tinggal dalam tabung.



SELAMAT MEMBACA 
DAN  YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar